Serangan Virus Terbaru Dan Cara Mengatasinya


Setelah postingan tentang  Ancaman Dan Serangan Dalam Jaringan Komputer ,kali ini saya akan posting serangan virus terbaru .
Virus Komputer sesuatu hal yang paling dibenci oleh user karena sangat merepotkan dan merugikan pihak pengguna komputer. Tapi tahu nggak sih kamu? Konsep pembuatan virus komputer sendiri sudah ditemukan pada tahun 1949. John Von Neuman memikirkan program yang dapat mereplikasikan dirinya sendiri. Hal ini dibuktikan oleh programmer dari AT&T Bell Laboratories. Eksperimen yang satu ini dinamakan Core Wars.
Kembali ke topik Disini ada beberapa virus yang sangat merugikan dan menyebalkan  baru baru ini :
1. Virus Wanna Cry (2017)
Virus Wanna Cry adalah sebuah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan korban hanya memiliki dua file. File tersebut, yakni intruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor—nama lain dari virus Wanna Cry.Si pembuat virus Wanna Cry meminta para korban untuk mengirimkan sejumlah uang, jika ingin data-data yang ada didalam komputer seselamat.
2. BlackShades(2016)
virus komputer yang menyerang perangkat lunak pada komputer. Virus komputer bekerja dengan cara mengambil alih komputer. Virus BlackShades j yang disebut juga BlackShader ini memungkinkan hacker untuk mencuri informasi pribadi, mencegat pesan penting dan membajak kamera pada komputer atau webcam untuk digunakan secara diam-diam demi kepentingan hacker tersebut. Virus ini membidik pengguna berbahasa Inggris dan Rusia dengan permintaan tebusan sebesar $30 yang dibayarkan dalam bentuk Bitcoins melalui sebuah platform pembayaran online, Paypal.
3. MIRCOP(2016)
MIRCOP (juga dikenal sebagai "Microcop " atau " Crypt888 ") adalah virus ransomware yang didistribusikan melalui email spam.Dokumen yang terinfeksi muncul sebagai formulir, yang digunakan selama impor dan ekspor berbagai barang.Namun, dokumen ini memiliki sejumlah skrip MS Windows PowerShell tertanam yang mengunduh malware. Setelah disusupi, MIRCOP mengenkripsi berbagai file yang tersimpan di komputer korban.MIRCOP seolah menimpakan semua kesalahan ke korban dan kadang bilang bahwa korban telah bersedia mengirimkan uang tebusan. Parahnya, pesan ancaman dengan gambar latar belakang orang bertopeng Guy Fawkes justru balik menyalahkan korban karena telah “mencuri dari mereka,” sehingga menurut mereka apa yang mereka lakukan terhadap korban adalah bentuk reaksi semata. Padahal tidak betul sama sekali. Penelitian menunjukkan bahwa pengembang virus tipe ransomware biasanya mengabaikan korban, meski ada pembayaran yang dilakukan.Karena itu, membayar itu berisiko dan tidak akan menghasilkan hasil yang positif. Dengan melakukannya, Anda akan kehilangan uang Anda dan mendukung bisnis jahat penjahat cyber.
Dalam penanganannya bisa disimak berikut ini :
A. Virus Wanna Cry
1. Putuskan koneksi jaringan internet dengan mencabut kabel LAN dan atau matikan koneksi WLAN.
2. Matikan Macros dan SMB Service, lalu aktifkan Firewall Block Port 139, 445, 3389.
3. Download Tools dan Security Patch secara manual dari komputer lain, simpan di USB flashdrive.
4. Install Tools dan Security Patch yang sudah diunduh ke komputer target.
5. Jalankan full scan menggunakan antivirus dengan fitur Total Security yang update.
6. Lakukan backup data penting ke media penyimpanan lain yang aman dan bersih (tidak terinfeksi).
B.BlackShades
Tidak dianjurkan menghapus Black Shades Virus secara manual karena sangat sulit untuk melakukan itu. Sebaliknya, Anda harus pergi untuk penghapusan otomatis Black Shades Virus. Pertama-tama Anda perlu untuk memperoleh scanner dan maka Anda perlu untuk memulai itu untuk mengakhiri Black Shades Virus untuk Anda. Alat yang dapat diandalkan juga akan melindungi PC Anda dari ancaman yang sama; Namun, itu tidak akan membuka file terkunci oleh ransomware ini.
C. MIRCOP
Cara terbaik untuk menghindari kerusakan akibat infeksi ransomware ini adalah dengan menjaga backup up-to-date yang teratur.Artikel yang lebih Jelas Tentang MIRCOP bisa di Baca di Sini

Komentar

Postingan Populer