Kebijakan Penggunaan Jaringan


Kebijakan Penggunaan Jaringan


Pengertian kebijakan penggunaan jaringan adalah rencana atau acuan untuk mempengaruhi dan menentukan keputusan penggunaan jaringan. Kebijakan pengguna jaringan dibagi menjadi 3 yakni Kebijakan organisasi yaitu kebijakan yang lebih mementingkan terhadap lingkup jaringan tersebut, Etika menggunakan  jaringan adalah Suatu Penerapan Konsep benar / salah serta sikap tanggung jawab dalam menggunakan jaringan
dan Kebijakan mengakses komputer. 

Terdapat Pula Keamanan Jaringan yang berarti beberapa bentuk pencegahan dari segala ancaman yang dapat merusak jaringan tersebut atau dapat merugikan sistem jaringan komputer tersebut.

Tujuan nya juga untuk mencegah resiko yang dapat merusak jaringan komputer yang sedang berjalan dalam jaringan komputer tersebut.

Dan ada beberapa serangan yang harus dicegah, yaitu : Serangan fisik keamanan jaringan adalah serangan yang terjadi pada hardware jaringan.

Serangan logic keamanan jaringan yaitu serangan yang terjadi pada perangkat lunak pada jaringan”seperti data”dokumen” database” aplikasi dan lain-lain.

Serangan fisik terhadap keamanan jaringan :

1. Gangguan pada Kabel
2. Kerusakan Harddisk (Bad Sector)
3. Data tak tersalurkan dengan baik
4. Koneksi tak terdeteksi
5. Akses yang bukan pengguna
6. Kerusakan alat alat jaringan

Serangan logic terhadap keamanan jaringan

1. DoS (Denial of Service) adalah Serangan pada Sistem dengan cara menghabiskan Resource pada Sistem
2. Request Flooding adalah Serangan dengan cara membanjiri banyak Request pada Sistem yang dilayani Host sehingga Request banyak dari pengguna tak terdaftar dilayani oleh layanan tersebut.
3. Deface adalah adalah Serangan pada perubahan tampilan.

Komentar

Postingan Populer