Ancaman dan serangan dalam jaringan komputer


Setelah beberapa hari yang lalu saya telah membagikan postingan tentang Kebijakan Penggunaan Jaringan,Kali ini saya akan memposting Ancaman dan serangan dalam jaringan komputer .
Untuk sistem jaringan yang mempunyai keamanan canggih dan ketat pun masih memungkinkan Sebuah sistem jaringan tersebut tak aman seratus persen dari penyalahgunaan atau serangan sistem jaringan para pencuri dunia maya.
Sebagai contoh Disini ada beberapa ancaman pada jaringan komputer diantaranya :
Malicious insider
Orang dalam dengan niat jahat (malicious insiders) melancarkan serangannya dengan berbagai motif, mulai dari ketidakpuasan pribadi hingga keinginan untuk menjual data perusahaan. Perusahaan sebenarnya sudah lebih siap menghadapi serangan dari luar, namun serangan masih banyak terjadi, setelah diinvestigasi, ternyata serangan berasal dari dalam yang digolongkan sebagai masalah keamanan terbesar karena mereka memiliki akses.
Malicious code
Malicious Code, kode jahat atau kode perusak disingkat dengan malcode, yang didefinisikan sebagai semua macam program yang dapat diesekusi dan dibuat dengan tujuan untuk merusak sistem komputer. Kebanyakan pengirim malicious code memiliki tujuan ekonomi yaitu memperoleh keuntungan. Serangan malicious code pada sebuah instansi komersial dapat mengakibatkan kerugian material serta kerugian waktu karena sifatnya yang merusak .
Web-based Attacks 
Serangan berbasis web berhubungan dengan  kerahasiaan serta ketersediaan informasi dalam sebuah website. seorang attacker memanfaatkan sebuah kelemahan suatu website untuk memanipulasi dan medapatkan akses informasi yang berharga dari sebuah perusahaan.
Malware
Adalah perangkat lunak berbahaya sebagai software yang dirancang untuk mengganggu pengoperasian komputer, mengumpulkan informasi sensitif, atau mendapatkan akses ilegal ke sistem computer.software yang mengganggu, atau menjengkelkan karena kadang- kadang malware menyamar sebagai perangkat lunak asli, dan mungkin berasal dari situs resmi perusahaan.

Dari Beberapa ancaman yang telah di kemukakan tadi maka akan timbul berbagai serangan dalam jaringan komputer , sebagai informasi di bawah ini beberapa serangan pada jaringan komputer :
Spoofing
Spoofing adalah Teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi, dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker/ cracker.
Ddos (Distributed Denial of Service)
Serangan DOS
Adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber yang dimiliki komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang tersebut.
Distributed Denial of Service (DDos)
Adalah Penolakan Layanan secara Terdistribusi , merupakan salah satu jenis serangan Denial of Service yang menggunakan banyak host penyerang (baik itu menggunakan komputer yang didedikasikan untuk melakukan penyerangan atau komputer yang "dipaksa" menjadi zombie) untuk menyerang satu buah host target dalam sebuah jaringan.
Sistem-sistem yang populer, semacam Solaris, Linux, Microsoft Windows dan beberapa varian UNIX dapat dibajak sebagai sebuah zombie untuk melakukan serangan seperti ini. 
Trojan Horse
Trojan horse atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), serta dapat juga mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).
Script Kiddies
Script Kiddie adalah seseorang yang memiliki kemampuan kurang dalam dunia internet yang hanya bisa menggunakan tools orang lain untuk melakukan serangan terhadap jaringan internet, biasanya hanya untuk sensasi.
Di dunia hacker sendiri, Seorang Script Kiddie dapat diartikan sebagai seseorang dengan niat buruk yang menggunakan program lain untuk menyerang sistem komputer atau pun melakukan deface pada website.
Dibawah ini adalah sedikit hal buruk yang dapat terjadi jika sebuah sistem telah di serang:
1. Deface Web
2. Menginfeksi  sistem
3. Mengambil password
Jika seorang script kiddie telah mendapatkan akses penuh, maka mereka dapat sesuka hati melakukan hal apa saja,contohnya seperti menghapus atau mencuri file-file sangat penting. 
Itulah beberapa gambaran tentang Ancaman dan serangan dalam jaringan komputer,yang cukup membuat resah jika menjadi korban tapi merasa cukup puas jika menjadi dalang dibaliknya oke sekian dari saya.

Komentar

Postingan Populer